Pages - Menu

Sabtu, 07 Juni 2014

Ahammiyatusyyahadain : URGENSI DUA KALIMAT SYAHADAT



Ini adalah Liqo ke empat saya setelah berbulan-bulan gak liqo karena mbak murabbi sudah pulang kampung ke Kalimantan dan baru mendapatkan  Murabbi baru beberapa waktu yang lalu..
Saya berniat menulis setiap materi Liqo dengan tujuan agar catatan saya gak hilang, karena menurut pengalaman dulu setiap Liqo nyatetnya di Buku Binder gabung dengan catatan kuliah dan catatan kuliah sering dipinjem temen jadi entahlah :D. Siapa tau juga dengan menulisnya di Blog bermanfaat untuk orang lain :D
Oke langsung saja ya, Hari ini Sabtu, 7 Juni 2014 Liqo dirumahnya Ukh Dwi, Ini dia materi dari Ummi Wuri.

Ada Lima Urgensi dua kalimat Syahadat yaitu :
1.     Madkholunilalislam : Pintu Masuk kedalam islam

Yap seperti yang kita ketahui bahwa syarat masuk islam haruslah mengucap dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat juga merupakan rukun islam yang pertama. Tapi makna dua kalimat syahadat bukan hanya berarti hanya mengucap bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad Rasul Allah tetapi harus benar-benar dipahami ya :) sehingga hati, pikiran, dan tingkah laku kita harus sesuai dengan dua kalimat syahadat :)
Dua kalimat syahadat bagaikan sebuah pintu masuk/gerbang, jika kita memasuki ruangan atau gedung harus masuk lewat pintu dulu kan ya? Nah kalau sudah masuk harus mentaati segala peraturan yang ada diruangan/gedung tersebut.
Selain itu, dua kalimat syahadat itu ibarat pendaftaran. Kalau mau ikut seminar/organisasi kalau ga daftar dulu gak boleh masuk kan ?
Begitulah syahadat dalam islam, ia adalah syarat utama seseorang berislam :)

2.     Khulasotuta’aaliimslam : Kefahaman muslim terhadap islam

Dua kalimat syahadat dalam islam juga menjadi penting karena ia merupakan salah satu tanda kefahaman muslim terhadap islam.
Sebagai contoh misalnya : Si Fulan menceritakan kepada temannya tentang masalah yang dihadapinya kemudian ia bilang kepada temannya “hanya kamu lah satu-satunya yang mengerti aku” Helllooooo terus Allah ga ngertiin kamu gitu ?. Ada lagi contoh lain si Fulanah bilang kepada sahabatnya “hanya kamu orang yang bisa membantu aku” terus Allah ga bisa bantu gitu?
Jika kita sudah memegang janji kita yaitu berupa dua kalimat syahadat harusnya menyerahkan segala sesuatu dan meminta segalanya itu hanya kepada pemilikNya, iya hanya sama Allah :)
Bukankah Allah itu wali kita ? :)

3.     Asaasulingqilab : Dasar-dasar perubahan

Dan urgensi syahadat yang ketiga yaitu menjadi dasar-dasar perubahan.
Mus’ab bin Ummar adalah seorang pemuda yang kaya raya, ayahnya seorang kaya raya dan hobinya berfoya-foya. Ketika remaja dia baru mengenal dua kalimat syahadat, lalu dia meninggalkan segalanya termasuk harta bendanya demi menunaikan dua kalimat syahadatnya. Dua kalimat syahadat telah mengantarkannya kepada perubahan, lalu Allah akan menggantikannya dengan syurga. Bagaimana dengan kita ? :)

4.     Khaqiisatuddkwahurrasul : hakikat Da’wah Rasul

Dari jamannya Nabi Adam hingga jamannya Rasulullah da’wahnya sama yaitu tentang dua kalimat syahadat :)

5.     Fadhooilungadziimah : Ganjaran/Manfaat yang besar

Urgensi dua kalimat syahadat yang terakhir yaitu Ganjaran/Manfaat yang besar.
Apabila kita semua telah faham akan makna dari dua kalimat syahadat dan tau ilmunya maka akan membawa kita pada perubahan. Dan seberapa besar perubahan itulah yang akan menjadi ganjaran/manfaat buat kita ...

Jazakumullah :)
Semoga bermanfaat ya :)
Disambung lain waktu :)